Tips Nulis Yang Disukai Pengunjung

Tips Nulis Yang Disukai Pengunjung

Assalamu'alaikum wr.wb - Beberapa hari yang lalu saya sudah membahas bagaimana caranya untuk mendatangkan banyak pengunjung di blog yang anda bangun, dan untuk menjawab pertanyaan tersebut akan kami realisasikan di artikel ini. Supaya lebih jelas alur pembahasanya, saya sarankan baca terlebih dahulu Panduan Meningkatkan Penjung Blog Sampai 180%




Poin pertama sebuah blog mendapatkan banyak kunjungan dari internet dilatarbelakangi oleh konten artikel, artikel dengan porsi yang pas mampu di pahami dengan baik juga oleh para pembaca. Jadi panjang lebar atau sedikitnya artikel yang dibuat itu tidak masalah asal inti yang disampaikan bisa sampai kepada para pembaca.


Nah saya sendiri sangat senang bisa berbagi informasi ini kepada anda semua yang mau belajar menjadi seorang blogger yang sukses terutama mampu menulis artikel agar disukai banyak pengunjung.


Hal terpenting untuk menjadi seorang blogger sukses itu bukan seberapa besar pendapatkan yang akan anda dapatkan nantinya, namun seberapa keren anda bisa memunculkan inovasi baru yang mampu memikat banyak pengunjung di internet, salah satu caranya pasti adalah konten artikel.

Silahkan simak baik-baik informasinya dibawah ini.


Bagaimana Cara Menulis Artikel Agar disukai Banyak Pengunjung ?


Konten artikel adalah pondasi utama dari sebuah blog yang beroperasi di mesin pencari seperti Google, blog itu di ibaratkan sebagai ruang belajar dan informasi yang memberikan solusi dan tambahan pengetahuan untuk banyak orang baik di Indonesia maupun diseluruh dunia. 


Informasi yang disajikan di dalam blog bisa berdampak baik maupun buruk terhadap orang yang sudah membacanya, sebagai contoh saja informasi artikel hoax di internet mampu merubah cara pandang seorang terhadap sesuatu jauh lebih ekstrim.


Nah hal seperti ini yang harus anda hindari sebagai seorang blogger, paling tidak ketika kamu menguasai tema artikel tertentu bisa memberikan informasi yang valid dan benar kepada para pengunjung di internet. 


Sumber yang jelas


Sebagai blogger yang merangkap menjadi penulis, setidaknya juga memiliki kode etik untuk bisa menghargai karya dari orang lain. Bilamana anda tidak mampu menyusun informasi berdasarkan ide sendiri, mungkin ada baiknya setiap konten yang terpublish di blog anda dilengkapi dengan sumber atau catatan kaki yang jelas.


Membudayakan hal seperti ini juga memberikan pembelajaran bagi para pembaca untuk tidak seenaknya plagiat ataupun menyalin tanpa izin. Hal sepele semacam ini bisa berpengaruh terhadao kredibilitas informasi yang anda sajikan. 


Terlebih lagi kalau anda adalah seorang blogger yang menyajikan tema mengenai pendidikan. Ingat, referensi atau catatan kaki itu perlu dicantumkan. 


Pengemasan artikel


Poin kedua ini pernah saya bahas di Panduan Meningkatkan Penjung Blog Sampai 180%, nah maksud dari pengemasan artikel ini cukup banyak. 


Pertama anda menulis konten setidaknya bisa berbeda dengan konten lain dengan topik atau pembahasan yang sama, ataupun jika kesulitan setidaknya ada pembedanya sedikit. Contoh untuk artikel yang unik dan menarik biasanya dilengkapi dengan image, video maupun infografis yang masih ada keterkaitan dengan tema atau topik pembahasan.


Cara seperti ini mampu mendatangkan banyak apresiasi dari para pengunjung di internet, walaupun memang sulit untuk dilakukan.


Pengemasan artikel juga harus memperhatikan struktur informasi yang diketik, pada paragraf pembuka biasanya akan di isi dengan basa-basi atau latarbelakang tentang artikel, kemudian kedua adalah masuk ke bagian topik yang akan dibahas, ketiga masuk ke inti pembahasan, keempat masuk kesimpulan dan saran, dan kelima biasanya penutup atau saran rekomendasi untuk orang lainnya. 


Gaya bahasa


Menulis sebuah artikel di blog itu juga harus disesuaikan dengan umur dari para audience, sedangkan untuk bisa menentukan umur seorang pembaca di internet juga berkaitan dengan tema blog anda sendiri.


Sebagai contoh saja untuk blog dengan tema games biasanya umur dari pembaca mulai dari 15 tahun – 25 tahun, bahasa yang dipakai tidak terlalu formal bisa memakai aku dan kamu, sedangkan untuk pembahasan tema artikel finansial target audiencenya sendiri umur 19-40 tahun lebih maka wajib memakai bahasa yang formal.


Kenapa tata bahasa ini perlu di perhatikan dalam membuat artikel ? Alasan pertama adalah tingkat kepercayaan setiap pembaca itu berbeda-beda, contohnya artikel yang membahas tentang perbankan dengan penyebutan orang ketiga “ kamu “ dan “aku” dirasa kurang tepat dan pada akhirnya mereka para pencari informasi tidak yakin dengan konten yang anda sajikan. 


Berdasarkan trend


Tips terakhir agar artikel banyak disukai pengunjung adalah membuat konten artikel berdasarkan trend, Google trend banyak memberikan rekomendasi artikel yang sesuai dengan tema blog anda. 


Kebanyakan untuk pembahasan yang sedang trending saat ini adalah sport, selebrity dan politik. Bilamana tema anda tidak ada yang cocok dengan Google trend, maka carilah di sosial media yang menjadi topik hangat.


Nah demikian informasi mengenai tips menulis artikel yang banyak disukai oleh pengunjung di internet. Akhir kata Wassalamu'alaikum wr.wb.


Load comments