10 Panduan Penting Agar Website Masuk Rank 1 Google

Assalamu'alaikum wr.wb - Menulis sebuah artikel memang susah - susah gampang. Menulis konten sama dengan melatih otak kita untuk berpikir lebih cepat mengenai informasi apa yang nantinya akan kita sampaikan di dalam konten atau artikel.




Kami sempat berpikir bahwa pekerjaan menjadi seorang blogger itu penuh tantangan. Pertama, tantangan yang menurut kami begitu susah adalah membuat konten artikel yang “hidup” agar pembaca memahami dan menyukainya.


Tidak heran jika ada blogger  yang sekedar ikut-ikutan ngeblog hanya dalam waktu 1 bulan, bahkan ada yang 1 minggu bisa pensiun seketika. Pada prinsipnya menjalani profesi sebagai blogger itu memang tidak mudah, artikel yang terkonsep rapi dan sesuai dengan tema website penting untuk di pikirkan dengan matang.


Pada artikel kali ini fellcia akan membahas tentang “ Panduan penting menulis artikel agar masuk rank 1 Google


Untuk mendapatkan rank 1 di pencarian google memang dibutuhkan penanganan khusus, 1000 kata konten dengan isi 1 keyword fokus, konten tersebut bisa jadi masuk rank 1 google dengan catatan blog sudah berumur.


Memang cara itu cukup cepat, tetapi apakah bagus untuk google dan pembaca ? 


Konten yang bagus dan berkualitas adalah konten yang memiliki informasi akurat, valid dan bermanfaat bagi pembaca, jika pembaca merasa senang dan puas maka google sekalipun akan memberikan penghargaan terhadap konten anda untuk mendapatkan posisi terbaik di halaman mereka.


Sebelum kita masuk ke pembahasan cara menulis artikel agar masuk halaman satu google, kami ingin anda menyimak sedikit informasi tentang ciri-ciri konten yang berkualitas menurut pakar seo dan Google sendiri.


Meskipun sudah cukup banyak informasi seperti ini, kami harap anda bisa memahaminya dengan baik.



Ciri-Ciri Konten Artikel Berkualitas Menurut Pakar SEO dan Google



1. Memiliki komposisi yang tepat

Maksud dari komposisi yang tepat ini bukan hanya dari jumlah kata dari setiap artikel saja melainkan beberapa komponen penting yang menurut kami cukup vatal jika sampai tidak ada.


Komponen pertama yang kami maksudkan adalah target keyword dalam sebuah artikel minimal harus ada 1-2% dari keseluruhan jumlah kata.


Kedua adalah media pendukung seperti image, ilustrasi atau video dan ketiga adalah jarak antar baris harus benar-benar di sesuaikan demi kenyamanan para pembaca, ini cukup penting untuk dipahami oleh para blogger.



2. Hindari memakai bahasa kasar | Gaul | Asing

Ciri konten artikel yang baik menurut pakar seo dan Google adalah konten tidak memiliki bahasa yang kasar, gaul atau bahasa Asing yang mungkin sulit di mengerti oleh robot perayap.


Konten seperti itu hanya dianggap sebagai spam dan berpeluang masuk ke sandbox Google. Ini penting juga untuk diketahui para blogger yang terkadang membahas artikel tentang gaming atau review produk elektronik, mereka seringkali memakai bahasa kasar atau asing yang sulit dikenali robot perayap. 



3. Bukan hanya basa-basi

Terakhir, ciri konten artikel yang baik dan benar menurut pakar seo dan google itu bukan hanya sekedar basa basi saja.  


Maksud dari basa basi ini konten atau artikel memiliki sedikit informasi yang sesuai topik dari judul atau bahkan tidak berisi informasi penting sama sekali.


Hindari basa basi / pembukaan yang terlalu panjang pada artikel.


Melihat ciri-ciri artikel yang bagus menurut pakar seo dan google diatas, didalam benak kita mungkin cukup mudah membuat konten seperti itu.


Namun pada kenyataanya, tidak seperti yang kita bayangkan. Konten artikel berkualitas juga harus dibuat secara terkonsep dengan membumbui SEO di dalamnya agar artikel mampu bekerja untuk mendapatkan ranking 1 google.


Apa saja itu ?


Mari kita bahas secara lengkap 10 panduan menulis artikel seo agar masuk ranking Google.



10 Panduan Penting Menulis Artikel Agar Masuk Rank 1 Google


Panduan ini kami buat berdasarkan pengalaman dari penulis dan teman blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging.


Sebagai pelengkap artikel ini, kami sarankan anda juga membaca Tips Memaksimalkan Ranking Blog Di Google


Adapun informasi yang menurut anda masih sulit di pahami bisa langsung ditanyakan lewat kolom komentar. Kami akan membantu anda menjawabnya sepengetahuan kami.


1. Jangan berlebihan memahami SEO

Terkadang orang yang terlalu patuh dan disiplin dengan aturan biasanya juga tidak bisa beradaptasi dengan keadaan yang lain, akibatnya ada banyak hal yang mereka lupakan bahwa tidak semua kehidupan itu harus memiliki peraturan yang ketat.


Hal ini juga berlaku bagi anda sebagai seorang blogger yang baru saja terjun ke dunia blogging, akibat terlalu sering membaca tips seo dan optimasi maka dampaknya adalah penerapan pada artikel yang harus benar-benar standar seo. 


Contoh disini, panduan artikel seo dari internet biasanya menyuruh anda menulis konten dengan memperbanyak kata kunci hingga 50% sendiri dari kapasitas kata yang ada di artikel anda, atau menulis keyword sebanyak mungkin di awal sampai akhir artikel.


Cara seperti itu bisa dianggap spam atau menjadi konten yang tidak berbobot.


Anda cukup menaruh beberapa keyword saja di dalam artikel, lanjutkan dengan mengetik artikel sesuai ide dan isinya yang bermanfaat untuk pembaca. 


2. Menyematkan link keluar pada isi artikel

Link keluar atau biasa disebut dengan link out ini penting untuk para pembaca agar mereka bisa mendapatkan informasi yang masih ada hubungannya dari konten sebelumnya.


Contoh konten artikel pertama membahas mengenai “ panduan membuat blog “ maka konten kedua mungkin bisa dihubungkan dengan “ panduan memilih platform blog “ dan sebagainya.


Konten yang saling berhubungan memiliki banyak keuntungan.

  • Mudah terindek di mesin pencarian
  • Mendapat bounce rate kecil
  • Meningkatkan Unique Visitor
  • Memudahkan pengunjung memahami artikel
  • Membuat artikel anda semakin berkualitas


3. Menulis artikel dengan keunikan 90 - 100 %

Konten yang unik atau original menjadi parameter penting bagi Google untuk menentukan apakah konten anda layak untuk masuk rank 1 google atau tidak.


konten unik dan jarang dibahas oleh banyak orang selalu mendapat perhatian dari Google. Terlebih lagi isi pembahasannya cukup mudah di pahami.


4. Mengisi deskripsi penelusuran

Jika anda sampai saat ini masih mengabaikan fungsi deskripsi penelusuran segera perbaiki.


Kolom deskripsi penelusuran bisa anda isi dengan beberapa informasi inti terkait dengan artikel yang anda buat.


Sebagai contoh disini, anda membuat artikel berjudul “ cara menulis artikel seo “, lantas pada kolom deskripsi bisa di isi dengan “ cara menulis artikel seo ini jarang di ketahui oleh blogger pemula ada banyak tips yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan kualitas artikel anda “.


Kelebihannya ketika dirayapi google, deskripsi ini akan muncul di bawah judul artikel anda. Itulah kenapa terkadang google selalu mengindeks halaman awal dari setiap artikel karena akan ditampilkan sebagai deskripsi di serp jika tidak mengisi deskripsi penelusuran.


5. Komposisi H1 – H5

Komposisi penempatan  H1 dan H5 cukup penting dalam sebuah artikel kalau ingin mendapatkan rank 1.


Pertama H1 biasanya ada di paragraf awal yang memudahkan robot perayap mengindeks halaman paling atas, kemudian H2 ini ada di bagian sub judul yang berfungsi untuk menargetkan indeks pencarian lebih maksimal dan H3 – H5 terhadap pada Sub sub judul lainnya.


Pada intinya dalam artikel seo dibutuhkan setidaknya sekitar 3-5 keyword judul.


6. Media pendukung sangatlah penting

Artikel yang hanya berisi kalimat tanpa disertai media pendukung seperti gambar dan video memang kurang maksimal. Terlebih jika artikel tersebut memberikan pembahasan yang cukup panjang.


Ada banyak pakar seo yang menyarankan untuk menyematkan beberapa gambar atau video yang masih ada hubungannya dengan pembahasan artikel anda.


Media ini cukup penting, selain membuat pembaca tidak bosan karena artikel terkesan mononton, juga meningkatkan kualitas seo dari artikel tersebut.  Jadi tidak heran kalau artikel yang mudah terindeks mesin pencari selalu memiliki isi yang lengkap.


7. Coba promosikan konten

Langkah berikutnya untuk mendapatkan posisi ranking 1 di Google caranya adalah mempromosikan konten artikel anda di beberapa tempat seperti forum diskusi, group Facebook atau beberapa program periklanan berbayar yang tersedia di internet seperti Google ads dan Facebook ads.


Anda bisa menentukan mana yang lebih efektif untuk mempromosikan konten artikel, semakin banyak pembaca artikel, maka semakin baik juga kualitas artikel dimata google karena banyak IP unik yang masuk ke blog anda.

Baca juga Panduan Meningkatkan Pengunjung Blog dan 7 Cara Terbaik Mempromosikan Konten Agar Mendapatkan Traffik Tinggi


8. Artikel dengan backlink

Tips berikutnya adalah menyematkan artikel menjadi sebuah backlink untuk situs lain, backlink ini memiliki fungsi penting dalam perkembangan seo sebuah blog.


Backlink dari situs besar memberikan rekomendasi kepada google untuk merayapi situs anda secara menyeluruh sehingga kata kunci yang ditarget bisa masuk halaman serp Google.


Cara kerja dari backlink ini cukup sederhana, misal anda berkomentar atau menjadi guest blog di situs orang lain dan sematkan link blog anda disitus mereka.


Siapapun yang klik link dari situs tersebut selalu memberikan link dofollow ke blog anda. Akan tetapi menaruh banyak backlink bisa dianggap spam oleh google.


Menaruh satu backlink dengan konten yang berbobot lebih baik dan cepat mendapati visitor dari pada puluhan backlink namun konten yang tidak bermanfaat.


9. Tentukan target pembaca

Mungkin tiakbanyak blogger yang berpikir tentang target pembaca mereka, terkadang membuat blog hanya berdasarkan hoby.


Saat ini menulis artikel seo bukan hanya berdasarkan hoby saja melainkan minat dari pembaca juga harus di pertimbangkan.


Contoh anda hoby gaming, tapi pembahasan artikel hanya seputar games kesukaan anda dan bukan kesukaan para pembaca, maka itu sama saja anda membuat blog khusus untuk yang bermain games itu saja.


Jadi buatlah konten yang pembahasannya lebih luas.

Baca juga Tips Nulis Yang Disukai Pengunjung


10. Buatlah judul menarik namun tetap sesuai kaidah seo

Judul yang menarik banyak membuat pembaca merasa penasaran dengan isi artikel anda. Contoh disini

1. "Fakta tentang bebek"
2. "Beginilah Fakta Bebek Yang Tidak Banyak Diketahui"
3. "20 Fakta Bebek Yang Belum Diketahui Akhirnya Terungkap"


Dari ketiga judul diatas merupakan satu bahasan yang sama, dengan sedikit kreativitas anda bisa merubahnya terlihat menarik dan memicu rasa penasaran.


Ketika seseorang sudah mulai penasaran, kemungkinan besar akan melihat isi artikel tersebut sampai habis.


Baca juga Tips Menentukan Topik Artikel Agar Menjadi Populer


Sampai disini pembahasan artikel kita mengenai 10 panduan menulis artikel agar masuk halaman 1 google dengan mudah.


Informasi ini kami buat untuk memberikan pengetahuan tambahan kepada para blogger di internet. Akhir kata Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 Comments

Posting Komentar