Lakukan 3 Hal Ini Supaya Tetap Produktif Menulis Artikel

Assalamu'alaikum wr.wb - sering ngga sih kamu kehabisan ide saat ingin menulis ? Atau memang ngga punya ide sama sekali.?

Menjadi blogger memang dituntut harus kreatif dan ulet untuk mencari informasi yang nantinya dijadikan sebuah artikel.

Setiap blogger pasti pernah merasakan hal ini saya yakin...

Lalu apa saja cara supaya tetap produktif menulis sebuah artikel ?

Yuk mari kita simak penjelasan dibawah ini


Tips Supaya Tetap Produktif Menulis Artikel


1. Mencatat Ide Yang Muncul Secara Tiba - Tiba


Nah yang satu ini sering saya alami, ketika melakukan suatu kegiatan tiba - tiba terlintas ide ingin membuat artikel inilah, itulah. Pernah ? Kalau iya maka saya sarankan langsung mencatatnya pada sebuah buku ataupun notepad pada smartphone kalian.

Karena itu akan menjadi sebuah tujuan ketika tidak ada lagi ide yang muncul di otak kita hehe. Jadi, mulai sekarang sediakan sebuah buku atau aplikasi notepad pada smartphone kalian yaa.

2. Membuat Jadwal Menulis


Memang cukup susah untuk membiasakan diri agar konsisten menulis artikel setiap hari..

Apalagi untuk orang yang menjadi buruh kerja seperti saya. Namun itu bukan mustahil kok, kamu bisa membuat artikel setiap hari meskipun hanya satu..

Saya sendiri menjadwalkan bahwasanya sehari minimal harus update satu atau dua artikel, bilamana hari itu ngga bisa update maka saya dobel besoknya (menjadi 2 artikel sehari).

Itu semua untuk melatih kebiasaan, karena kalau semua sudah terbiasa maka akan terasa ringan untuk satu artikel sehari.

Saran saya untuk kamu yang masih ingin melatih diri, coba dua hari sekali satu artikel dan seterusnya. Kalau sudah terbiasa, nanti akan mengalir sendiri kok dari hati kalo ingin nambah hehe...

3. Bergaul Dengan Komunitas Penulis


Ternyata mempunyai seorang teman yang suka update artikel bisa menambah semangat menulis kita loh..

Gimana ngga, melihat mereka rajin update status dan hasil dari pengunjung halaman mereka dalam sehari saja udah bikin hati terbakar. Iya, terbakar semangat untuk bisa mencapai itu juga...

Selain itu, bergabung dengan komunitas menulis juga menambah wawasan kamu loh. Secara sengaja maupun tidak ketika kamu membuka aplikasi atau website tersebut, kamu akan dihadapkan dengan postingan artikel - artikel diluar pemikiran kamu sebelumnya.

Saya sendiri menggunakan sebuah aplikasi Quora untuk menambah wawasan dan kamu bisa memfilter genre yang nantinya setopik dengan pilihanmu.

4. Iseng - Iseng Blogwalking


Yahh ini pernah saya lakukan, bahkan sering hehe..

Manfaat dari blogwalking sangat besar untuk mencari sebuah ide baru selain yang saya sebutkan diatas..

Kamu bisa mendapatkan artikel yang setopik denganmu untuk dijadikan bahan referensi menulis artikel (jangan dicopy - paste yaa)..

5. Merenungkan Kemampuan Diri


Nah yang terakhir adalah mengenali batasan pada diri kita, jangan sampai membuat sebuah artikel yang justru malah merepotkan yang berujung malas karena super ribet (padahal ngga paham sama sekali yang dibuat).

Kalau sudah bukan ahlinya, jangan dipaksakan kecuali memang tujuan kamu adalah belajar memahaminya..

Saya pernah kok membuat artikel yang bukan minat saya sendiri, ya iseng ajasih siapa tau bisa... eh udah sampai tengah - tengah malah ilfeel, mau diterusin kok kayanya ngga bermutu, dibuang rasanya rugi menulis.

Nah sebelum itu terjadi pada kalian nih,, saran saya mending langsung buat artikel yang kamu sukai dan ngga merepotkanmu...

Itulah tips supaya tetap produktif menulis artikel, jangan lupa untuk dishare ya jika kamu suka, supaya artikel ini tambah bermanfaat. Akhir kata wassalamu'alaikum wr.wb

0 Comments

Posting Komentar