Mencegah Penyebaran Covid - 19 Dalam 7 Langkah (Rekomendasi WHO)

Assalamu'alaikum wr.wb - Saat ini seluruh dunia telah berduka atas terjadinya wabah yang disebut Covid - 19. Virus ini sangat cepat penularanya kepada orang lain, hingga banyak dari negara di dunia menyarankan untuk "lockdown" atau karantina.

Di indonesia sendiri telah melakukan sebuah program untuk mengurangi dampak penyebaran dari Covid - 19 yaitu dengan memberlakukan program PSBB (Pembatas Sosial Bersekala Besar).

World Health Organization (WHO) telah menyarankan beberapa cara untuk mengurangi penyebaran virus covid - 19. Apa sajakah itu ? Yuk kita simak.


7 Cara Mencegah Penyebaran Covid - 19 Rekomendasi WHO


1. Mencuci Tangan



Mencuci tangan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia medis, hingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuat sebuah kampanye global untuk menyatakan setiap tanggal 15 Oktober adalah Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS).

Banyak penyakit bisa ditularkan melalui tangan seperti penyakit: saluran pernapasan, diare, infeksi cacing dan penyakit kulit. Dengan mencuci tangan, tingkat infeksi saluran pernapasan dapat menurun hingga 16-25%.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk kita perlu mencuci tangan?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Kementrian Kesehatan, berikut adalah saat-saat kita perlu mencuci tangan:

  1. Sebelum, saat, dan sesudah menyiapkan makanan.
  2. Sebelum dan setelah makan. 
  3. Sebelum menyusui bayi. 
  4. Sebelum dan setelah mengasuh seseorang yang sakit di rumah. 
  5. Setelah buang air. 
  6. Setelah batuk atau bersin. 
  7. Setelah menyentuh sampah. 
  8. Setelah beraktivitas seperti mengetik, menyentuh uang, hewan atau binatang, berkebun.

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk mencuci tangan, Anda juga perlu mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk mencuci tangan dengan benar.

Menurut Kementerian Kesehatan, mencuci tangan terbagi dalam 5 langkah:

  1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih yang mengalir.
  2. Ambil dan gosok sabun ke daerah telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari.
  3. Bersihkan bagian bawah kuku. 
  4. Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir. 
  5. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu atau dengan cara diangin- anginkan.

Dianjurkan untuk mencuci tangan kurang lebih 20 detik, anda dapat menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

2. Tidak Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut Secara Langsung



Saat setelah anda selesai berpergian keluar, ada baiknya tidak meletakkan tangan pada bagian yang berpotensi menjadi masuknya virus. Untuk itu mencuci tangan terlebih dahulu sampai benar - benar dirasa bersih.

3. Menutup Mulut Ketika Batuk



Menutup mulut ketika batuk berguna untuk mencegah agar virus tidak berserakan diudara, maka dari itu dianjurkan untuk menutup mulut ketika batuk sebagai antisipasi pencegahan penyebaran virus.

4. Menghindari Keramaian dan Orang Sakit Deman/Batuk



Keramaian adalah salah satu penyebab tersebarnya virus, bisa jadi satu diantara mereka terkena virus kemudian saling berinterikasi yang malah mengakibatkan penyebaran secara besar. Untuk saat ini sangat penting menghindari keramaian untuk mencegah kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

5. Dirumah Ketika Sakit



Mengurung diri selama sakit adalah pilihan terbaik untuk sekarang guna memutus rantai penyebaran covid - 19. Apabila dirasa sakit berlanjut segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan medis sesuai penyakit.

6. Menelfon Dahulu Sebelum Berangkat Ke Rumah Sakit



Hal ini berguna untuk para dokter supaya mempersiapkan pakaian yang dikhususkan untuk merawat orang yang terjangkit covid - 19. Tetaplah dirumah sebelum ada anjuran dari dokter untuk keluar.

7. Dapatkan Informasi Dari Sumber Yang Terpercaya



Terus ikuti anjuran dari pemerintah dan WHO untuk melawan dan menghentikan penyebaran virus covid - 19. Jangan mudah terlena dengan perkataan orang yang bukan ahlinya dalam hal ini.

Mudah - mudahan pandemi ini segera berakhir, hal ini menunjukkan suatu hikmah bahwasanya kita harus saling menyadarkan satu sama lain akan kebersihan serta rasa untuk selalu menjaga diri dan keluarga.

Dengan pandemi ini diharap supaya kita lebih dekat dengan Tuhan yang maha Esa (Allah), semoga kita termasuk orang yang selamat dari pandemi covid - 19 ini, Aamiin. Akhir kata Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 Comments

Posting Komentar