Cara Mengetahui Email dan Data Yang Bocor Di Internet

Assalamu'alaikum wr.wb - Akhir-akhir ini banyak sekali isu yang menyebabkan keresahan masyarakat terutama orang yang mempunyai akun sosmed. Hal itu karena akibat adanya isu kebocoran data yang terjadi oleh salah satu marketplace di Indonesia.

Alhasil banyak orang yang merasa khawatir kemudian berusaha mulai mengamankan akun-akunnya, namun ada juga yang bersikap biasa saja karena memang kurang meyakini isu tersebut.

Nah, sebenarnya tidak hanya akun dari marketplace saja yang kemungkinan bisa bocor di publik namun juga akun lainnya. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap emailmu apakah pernah bocor di internet atau tidak. Langsung saja simak dibawah ini.


Cara Mengetahui Email dan Data Yang Sudah Bocor di Internet


Kebocoran data di internet memang sedikit menyulitkan dan meresahkan karena memang jika kebocoran data tidak segera diketahui dan diperbaiki, bisa jadi malah disalahgunakan oleh orang yang kurang bertanggungjawab.

Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan antisipasi dengan melakukan beberapa cara. Salah satunya dengan melakukan pengecekan email dan data untuk mengetahui apakah ada data yang beresiko bocor di internet atau tidak.

Dengan begitu pastinya kamu akan dapat melakukan tindakan langsung, sehingga dapat meminimalisir resiko tersebut.

Nah, untuk caranya sendiri kamu bisa mengikuti beberapa tahapan dibawah ini:

1. Siapkan email yang ingin kamu cek


Hal pertama pastinya kamu harus menyiapkan email yang ingin kamu cek, apakah pernah ada data yang bocor di internet atau tidak.

Namun pastikan, kamu cukup memerlukan email saja, apabila ada yang meminta password jangan langsung di beri sebelum jelas tujuanya.

Kecuali yang meminta password adalah situs yang terpercaya atau memang situs itu yang membuat akunmu tersebut.

2. Buka website pengeceknya


Setelah kamu mengetahui email apa saja yang ingin kamu cek, kamu bisa langsung membuka website yang berguna untuk mengecek hal seperti itu.

Salah satu website yang direkomendasikan untuk kamu gunakan yaitu milik avast : https://www.avast.com/hackcheck/.

3. Masukkan email yang ingin dicek


Setelah kamu selesai melakukan load pada website tersebut, kamu bisa langsung memulai pengecekan dengan memasukkan email yang ingin kamu cek pada kolom yang telah disediakan.

Pada bagian ‘enter your email address’, masukkan email yang kamu punyai satu saja. Jika banyak maka nanti bisa diulang kembali.

4. Tekan tombol check now


Kemudian kamu tinggal klik tombol yang bertuliskan ‘check now and monitor future leaks’ dibagian bawahnya yang berwarna orange.

Kamu tinggal menunggu saja prosesnya sampai selesai dan nanti kamu akan mendapatkan hasilnya.

Apabila yang muncul tanda centang berwarna hijau dan bertuliskan no leaks maka kemungkinan besar akunmu masih dalam kondisi aman.

Namun apabila tandanya silang berwarna merah dan bertuliskan have leaked maka kemungkinan besar akunmu ada yang kurang aman.

Kamu bisa langsung melakukan pengecekan dibagian bawahnya lagi, kemudian lihat yang bermasalah dibagian mana.

Jika kamu sudah mendapati tanda silang memang lebih baik kamu melakukan tindakan secara langsung sehingga pastinya dapat meminimalisir terjadinya kebocoran data berkelanjutan yang akhirnya malah akunmu dapat disalahgunakan oleh orang lain.

Mengamankan akun memang sebuah tindakan yang harus dilakukan jika memang dirasa perlu. Terlebih apabila pada akunmu tersebut terdapat hal penting pastilah kamu tidak ingin kehilangan akun atau terjadi hal yang kurang baik bukan?.

Itulah artikel mengenai bagaimana cara cek email dan data bocor di internet. Semoga dengan adanya artikel ini pastinya kamu dapat mencoba mempraktekkannya sendiri untuk bisa meminimalisir terjadinya reisiko yang tidak diinginkan. Wassalamu'alaikum wr.wb

Penulis: Partner Fellcia

0 Comments

Posting Komentar