Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Assalamu'alaikum wr.wb - Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang diutus Allah untuk seluruh umat manusia. Nabi Muhammad diutus untuk mengajarkan tauhid sepert nabi dan rasul sebelumnya.

Bagi umat islam Nabi Muhammad bukan hanya sekedar nabi dan rasul saja, namun juga sebagai suri tauladan bagi seluruh umat manusia.

Sebagai suri tauladan umat manusia, beginilah pola hidup sehat yang dilakukan Rasulullah SAW yang patut kita contoh.


Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW


Pada zaman Rasulullah ada seorang tabib yang diutus untuk pergi ke Madinah sebagai tanda persahabatan, namun setelah tinggal 8 bulan tabib tersebut memilih untuk kembali pulang ke mesir.

Bukan karena tidak betah, justru dia sangat akrab dan baik dengan penduduk mandinah. Alasan kenapa dia pulang karena selama di madinah dia tidak mendapati satupun orang yang berkunjung untuk berobat kepadanya.

Sebelum berangkat ke mesir, tabib ini menyempatkan diri untuk bertemu Rasulullah dan menanyakan rahasia beliau mengenai umatnya yang terlihat sehat dan jarang terkena penyakit.

Lalu Rasulullah bersabda : "Tidaklah sekali-sekali manusia memenuhi sebuah wadah pun yang lebih berbahaya dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga (bagian lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya (udara)” (Hadits Riwayat Tirmidzi).

Setelah 1400 tahun berlalu, kini penelitian ilmiah melakukan riset dengan teknologi canggih sekarang bahwa diet ala rasulullah tersebut dapat memperpanjang umur seseorang dan juga disebut sebagai anti aging calori restriction.

Penelitian Membuktikan Hadist Rasulullah


Sebagai umat muslim yang beriman, kita tidak membutuhkan suatu pembuktian dari apa yang telah Allah dan Rasulnya terangkan. Berikut hasil penelitian ilmiah terkait hadist diatas.

Teks dibawah ini diambil dari: https://rsiaisyiyah-malang.or.id/2013/10/08/mau-hidup-sehat-mari-diet-ala-rasulullah-saw/

1. Salah satu pembuktian hadits “cukuplah bagi anak Adam beberapa suap untuk menegakkan tubuhnya” : bahwa dalam suatu penelitian UCLA tahun 2005, tikus yang mendapatkan ransum dengan jumlah kalori yang hanya cukup untuknya bertahan hidup, ternyata hidup lebih panjang dari tikus yang mendapat ransum dengan porsi dan kalori biasa.

2. Salah satu pembuktian hadits “1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk udara” : Pada tahun 2006, Christiaan Leeuwenburgh dari Institute of Aging Universitas Florida menemukan bahwa mengurangi porsi makan sebanyak 8% saja dapat mencegah banyak kerusakan organ akibat penuaan.

(Porsi makanan yang dimaksud adalah “porsi makan sampai kenyang” yang biasa dikonsumsi orang sehari-hari.)

3. Penemuan Kalluri Suba Rao, ahli biologi molekuler (2004) : Makan sedikit memungkinkan tubuh untuk lebih “berkonsentrasi” memperbaiki dirinya sendiri, sehingga kegiatan perbaikan DNA, membuang zat-zat toksin keluar tubuh, dan regenerasi sel-sel rusak dengan sel sehat dapat berlangsung lebih optimal—Sedangkan apabila kita makan banyak melebihi batasan, maka tubuh akan lebih sibuk dengan kegiatan katabolisme (menguraikan makanan-makanan itu dalam tubuh) dan “tidak sempat” memperbaiki dirinya sendiri.

Inilah salah satu pengundang berbagai penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, dll yang dapat memperpendek umur manusia zaman sekarang.

4. Pendapat salah satu ilmuwan UCLA yang meneliti diet ini, bahwa “dengan diet ini saja, manusia tidak memerlukan lagi konsumsi suplemen seumur hidupnya, karena diet ini lebih kuat dari suplemen ”Bila Anda rajin-rajin browsing situs kesehatan dari luar negeri, banyak sekali berita dan penelitian terbaru mengenai diet ala Rasulullah ini—yang sedang hangat dibicarakan sejak 10 tahun terakhir.

Banyak para ahli kesehatan dan ilmuwan sepakat bahwa diet ini adalah diet anti-aging terbaik yang pernah ada; daripada sekadar membatasi pada makanan tertentu dan mengonsumsi suplemen-suplemen yang diiklankan.

Nah itulah salah satu Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW yang patut kita contoh. Jangan lupa untuk berbagi tips ini kepada teman, kerabat atau saudara kalian ya supaya artikel ini semakin bermanfaat.

Dilain waktu insyaAllah saya akan bagikan lagi tips sehat lainya ala Rasulullah SAW. Akhir kata, wassalamu'alaikum wr.wb

0 Comments

Posting Komentar