Baterai HP Cepat Habis ? √ 4 Cara Ini Akan Membuat Baterai Tahan Lama

Baterai HP Cepat Habis


Baterai ponsel yang seringkali cepat habis bisa dikarenakan banyak faktor, salah satunya adalah faktor dari penggunaan itu sendiri. Banyak pemilik ponsel android yang mengeluh setelah pemakaian beberapa bulan, terkait dengan kondisi baterai mereka yang semakin hari mengalami penurunan peforma. Hal semacam ini sudah biasa terjadi, terlebih lagi untuk ponsel dengan kapasitas daya yang rendah ataupun ponsel yang sudah berumur. Biasanya dalam beberapa jam penggunaan saja, baterai sudah kembali 5% dan perlu di charge.

Nah, berdasarkan dari beberapa pengalaman para pengguna, penyebab baterai android yang cepat habis ini bisa jadi karena fungsi atau kinerja ponsel yang sudah mulai menurun dan pengaruh dari penggunaanya sendiri.

Jadi, kalau anda ingin tahu seperti apa cara mudah memperbaiki baterai hp yang cepat habis, coba simak informasi dari kami dibawah ini. Meskipun tidak memberikan perubahan yang signifikan, paling tidak dengan cara ini anda bisa mendapatkan waktu yang cukup lama menggunakan ponsel sehari-harinya. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Tips Mengatasi Baterai HP Yang Cepat Habis


1. Matikan fitur yang dianggap tidak terlalu penting ( GPS, WIFI, Bluetooth dan lain sebagainya )


Penting untuk anda ketahui, fitur yang sudah kami sebutkan diatas ternyata memakan banyak daya untuk bisa dijalankan, sehingga secara tidak sadar konsumsi daya pada smartphone anda juga semakin tinggi.

Terlebih lagi kalau berhubungan dengan jaringan. Ada baiknya kalau beberapa fitur seperti WIFI, GPS, NFC, Bluetooth dan lainnya, jika tidak sedang digunakan bisa anda matikan. Ini dilakukan untuk menekan konsumsi daya baterai, berdasarkan pengalaman dari setiap pengguna.

Akses internet dengan menggunakan koneksi data ponsel dan wifi, perbandingannya jauh berbeda. Konsumsi daya lebih dibutuhkan pada koneksi wifi.

2. Kurangi pencahayaan hp, karena itu membutuhkan konsumsi yang besar


Salah satu penyebab umum kenapa ponsel android anda seringkali kehabisan baterai adalah intensitas cahaya yang terlalu terang sehingga membutuhkan konsumsi daya yang berlebih.

Dampak negatif yang timbulkan memang cukup banyak, mulai dari konsumsi baterai yang lebih beras, mata menjadi sakit dan suhu pada ponsel meningkat. Biasanya mereka yang suka bermain games dengan pencahayaan yang terang, kondisi baterai semakin  menurun dengan cepat.

Ada baiknya sesuaikan pencahayaan layar dengan keperluan saja, sehingga mata tetap aman dan baterai ponsel tetap sehat.

3. Menghindari charging dalam waktu yang lama


Tahukah anda bahwa jenis baterai tertentu pada merek ponsel, tidak sepenuhnya bisa berhenti mengisi meskipun sudah 100% penuh. Ada baterai yang tetap mengisi meski kapasitas sudah penuh, dampaknya tentu pada kesehatan baterai itu sendiri.

Salah satu buktinya adalah baterai mengembung yang seringkali di alami ponsel dengan jenis baterai yang kami sebutkan.  Beruntung kalau ponsel anda sudah mendukung baterai dengan teknologi yang lebih canggih, meskipun sudah penuh maka proses pengisian akan terhenti sendiri.

Pada intinya, charger ponsel sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai dibiarkan sampai berjam-jam lamanya.

4. Atur vibrasi ponsel dengan tepat


Menyenangkan ketika mendengarkan ponsel berbunyi dengan nada dering bawaanya, namun tahukah anda kalau cara tersebut bisa menguras baterai hp dengan cepat. Silahkan ganti saja ringtone dengan kondisi getar dengan vibrasi yang ringan, anda bisa menghemat konsumsi daya baterai 2 kali lipat dibandingkan menggunakan ringtone untuk suara bunyi apapun.

Nah itulah tips terbaik yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki baterai android yang cepat habis. Semoga bermanfaat.


0 Comments

Posting Komentar