√ Cara Ampuh Memperbaiki Aki yang Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering


Aki kering merupakan salah satu jenis aki yang dikembangkan dari tipe aki basah. DImana jenis aki yang satu ini merupakan sumber kelistrikan dari sebuah komponen yang ada pada mobil atau motor seperti audio, lampu, dan komponen lainnya. Sebab itulah mengapa aki kering sangat penting.

Bilamana aki kering mengalami kerusakan, maka anda harus segera mungkin untuk memperbaikinya. Biasanya aki kering akan rusak bila sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun secara tiba-tiba juga bisa saja terjadi pada aki kering yang rusak. Untuk memperbaikinya, anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini!

Alat dan Bahan

Alat dan bahan menjadi faktor utama dalam memperbaiki aki kering yang sudah rusak. Berikut beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan!

Alat :

  1. Obeng minus dan obeng plus
  2. Pisau atau gergaji besi
  3. Solasi atau perekat
  4. Kain lap

Bahan :

  1. Air aki

Setiap alat dan bahan tersebut memiliki fungsi yang sangat penting untuk memperbaiki aki yang rusak. Pastikan jangan sampai ada yang ketinggalan.

Melepas Aki


Pada bagian melepas aki pada motor ataupun mobil, obeng dibutuhkan untuk melepas aki yang akan diperbaiki. Hal yang harus anda perhatikan adalah melepas aki terlebih dahulu pada kutub positif. Tujuannya supaya anda ketika tidak sengaja menjatuhkan kunci dan mengenai bagian mobil dengan kutub negatif tidak menimbulkan percikan api. Sehingga akan efektif dalam melepas aki tersebut.

Bersihkan Aki


Aki berada di bagian dalam mobil ataupun motor, pastinya kondisi aki kering tersebut akan sangat kotor. Bila anda sudah melepasnya, bersihkan saja aki tersebut dengan menggunakan lap yang sudah disediakan. Bersihkan secara menyeluruh sampai tidak ada debu yang masih ada pada aki. Hal ini bertujuan agar pengisian aki tidak tercampur dengan kotoran apapun.

Membongkar Penutup Aki


Aki yang sudah dibersihkan, anda bisa melanjutkannya untuk membuka penutup aki tersebut. Pada bagian ini biasanya sulit sekali dibuka, apalagi jika baud sudah lanas akan lebih sulit lagi dibuka. Gunakan obeng untuk membuka penutup aki tersebut supaya lebih efektif.

Isikan Air Aki


Air aki yang sudah anda siapkan bisa diisikan langsung pada aki yang sudah dibuka penutupnya. Dalam pengisian akan lebih baik bila anda menggunakan alat seperti suntikan atau apapun agar air aki dapat masuk dengan mudah. Setelah itu, tutup rapat aki tersebut kembali. Bila air aki berceceran, lap saja dengan menggunakan kain yang sudah disediakan.

Setrum Aki


Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk menyetrum aki, yakni menggunakan charger dan menggunakan jamper aki. Anda bisa  menggunakan salah satunya, manakah yang lebih efektif bisa anda gunakan. Pastikan anda sudah menyetrumnya dalam kondisi full agar lebih efektif nantinya.

Pasang Aki


Apabila tahap setrum aki sudah dilakukan, anda bisa memasang aki tersebut kembali dengan menggunakan obeng. Pastikan pemasangan dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan konslet apapun di dalamnya.

Pengecekan


Tahap final dari perbaikan aki yang harus anda lakukan adalah mengecek dengan menyalakan mobil atau motor anda yang sudah diperbaiki aki keringnya. Pengecekan bisa dilakukan dengan melihat lampu apakah sudah menyala atau hal lainnya yang berhubungan dengan aki kering.

Itulah beberapa tips memperbaiki aki kering yang rusak, anda bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya lebih efektif. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.

0 Comments

Posting Komentar