√ Cara Ampuh Memperbaiki Lampu LED Rusak

Cara Memperbaiki Lampu LED 


Lampu menjadi salah satu alat penerangan yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia. Saat ini lampu sudah diterapkan di setiap rumah dan juga pinggiran jalan untuk memberikan penerangan supaya bisa melihat suatu objek.

Bilamana tidak ada lampu, maka aktivitas yang dilakukan pada malam hari tidak akan dapat anda lakukan. Objek tidak akan terlihat karena tidak ada cahaya penerangan yang bisa menjadikan anda melihat suatu objek. Seperti halnya ketika anda berada di dalam rumah, lampu bisa membuat anda mudah belajar, melihat sesuatu, dan berbagai hal lainnya.

Akan tetapi, lampu di rumah seringkali mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat membuat lampu tiba-tiba mati atau terputus. Bila hal ini terjadi, maka anda harus segera mungkin untuk memperbaikinya!

Memperbaiki Lampu LED Mati Total Tanpa Gejala


Lampu LED tiba-tiba mati total tanpa gejala sepertinya seringkali terjadi pada semua orang. Bila anda mengalami hal seperti ini, anda bisa mengecek resistor lampu LED, cek satu persatu dengan menandai lampu LED yang tidak menyala.

Apabila satu dari antara LED ada yang putus, biasanya akan mempengaruhi LED lainnya. Sehingga semua lampu LED akan mati total. Disini anda bisa menggunakan solder untuk memperbaikinya dengan menyatukan sisi positif dan negatif agar terhubung. Anda bisa mengecek langsung dan lampu LED akan menyala kembali.

Memperbaiki Lampu LED Elko Meledak


Salah satu penyebab rusaknya lampu LED juga dikarenakan faktor Elko yang meledak. Untuk mengujinya, anda bisa menggunakan alat avometer multitester. Disini anda harus menghubungkan kutub positif dan negatif avometer ke kutub positif dan negatif pada elko.

Lampu LED akan menyala kembali, namun bila tidak ada reaksi sama sekali anda bisa mengganti elko pada lampu LED yang rusak.

Mengganti Dioda Bridge


Dioda Bridge merupakan salah satu komponen  yang dapat mengarahkan arus listrik bolak balik menjadi arus yang searah. Hal ini biasanya disebabkan oleh listrik yang tiba-tiba mati. Disini anda bisa memperbaikinya dengan cara mengganti diode bridge. Dengan begitu, lampu LED akan menyala kembali seperti semula.

Mengganti LED yang Mati


Terdapat lampu LED yang di dalamnya ada beberapa macam. Masing-masing merk berbeda-beda, ada yang 2, 4 dan seterusnya. Ketika ada salah satu lampu LED yang mati, anda bisa mengganti satu saja. Anda bisa membelinya di toko lampu terdekat kemudian ganti lampu LED yang mati dengan yang baru.

Pastikan juga anda melakukan pemasangan dengan benar supaya tidak mempengaruhi lampu LED lainnya. Dengan begitu, lampu akan menyala kembali seperti semula.

Membeli Yang Baru


Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah membeli lampu LED yang baru. Bila beberapa cara di atas tidak bisa dilakukan, anda bisa membelinya yang baru. Untuk pembelian bisa dilakukan secara langsung ataupun secara online. Pembelian secara langsung berarti anda harus mengunjungi toko dan mengecek barang secara langsung. Bila anda membeli secara online, anda tinggal memanfaatkan smartphone untuk membeli lampu LED yang anda cari di toko online.

Itulah beberapa informasi mengenai cara memperbaiki lampu LED yang rusak. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, pastinya lampu LED akan menyala kembali. Anda juga harus memperhatikan beberapa faktor tertentu yang membuat lampu LED mengalami kerusakan. Dengan begitu, anda bisa memperbaikinya melalui kendala yang dialami pada lampu.

Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

0 Comments

Posting Komentar