√ Cara Ampuh Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Yang Rusak

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci


Dryer atau pengering mesin cuci merupakan salah satu bagian dari mesin cuci yang berfungsi untuk membantu mengeringkan pakaian setelah dilakukan pencucian. Pengeringan menggunakan dryer tidak akan kering secara sempurna. Untuk mengeringkan pakaian supaya lebih sempurna anda bisa menaruhnya di bawah sinar matahari.

Setidaknya pengering mesin cuci dapat membantu anda bilamana dalam posisi sibuk atau tidak bisa menjemur pakaian. Ketika anda menjemurnya juga tidak memerlukan waktu yang lama karena sudah dikeringkan dengan menggunakan dryer.

Setiap alat pastinya akan mengalami kerusakan, begitu juga dengan dryer. Bilaman kerusakan terjadi, anda harus segera memperbaikinya supaya bisa digunakan kembali. Berikut ini adalah beberapa tips memperbaiki pengering mesin cuci!

Perbaiki Kabel


Salah satu faktor yang dapat membuat pengering mesin cuci mengalami kerusakan adalah kabel yang terputus. Hal ini bisa saja disebabkan oleh tikus yang memutuskannya atau bisa juga karena kabel sudah lama.

Untuk kendala pada kabel bisa dilakukan dengan cara menyambungnya kembali. Namun bila mengalami kerusakan yang parah, anda bisa mengganti kabel tersebut. Pastikan pemasangan kabel dilakukan dengan teliti supaya tidak mengakibatkan kongselt.

Mengganti Tali Rem


Ketika pengering mesin cuci anda tidak dapat berputar, salah satu faktor penyebabnya adalah tali rem yang putus. Fungsi dari tali rem tersebut sendiri adalah untuk menghentikan perputaran secara konstan bilamana mesin cuci dibuka. Bilaman tidak diperbaiki, dinamo mesin pengering tidak dapat bekerja.

Untuk memperbaikinya, anda harus mengganti tali rem yang baru. Pastikan pemasangan tali rem sesuai dengan skema agar tidak terjadi kendala lagi. Dengan begitu, pengering mesin cuci tersebut bisa digunakan kembali.

Mengganti Dinamo Yang Baru


Jika dinamo pada mesin cuci rusak, maka anda harus menganntinya yang baru. Dinamo pengering mesin cuci memiliki nilai harga yang cukup fantastis. Anda harus berhati-hati jika ingin membelinya. Bahkan anda bisa mempertimbangkan kembali untuk membeli mesin cuci yang baru atau membeli dinamo tersebut.

Untuk memperbaiki dinamo sebaiknya bawa ke tukang gulung dinamo yang sudah professional. Bila melakukannya sendiri akan beresiko jika anda belum mengetahui caranya.

Ganti Kapasitor Yang Rusak


Faktor penyebab pengering mesin cuci rusak juga dikarenaan kasitor yang sudah tidak layak digunakan. Hal ini ditandai dengan suara dengungan yang sangat keras apabila kapasior sudah rusak.

Untuk mempebaikinya, anda bisa membeli kapasitor yang baru. Tidak semua kapasitor berbentuk bulat, untuk kapasitor pengering mesin cuci biasanya berbentu kotak dengan 4 kabel, dimana 2 untuk pengering dan 2 lagi untuk mesin cuci.

Perbaiki Door Switch


Posisi door switch berada di dekat timmer pengering mesin cuci. Kerusakan dari door switch dapat menyebabkan peralatan menjadi lebih lembab dan mudah lepas. Kerusakan seperti jarang sekali terjadi. Namun bila anda mengalaminya, anda harus memperbaikinya dengan cara membongkar dan membersihkannya dengan kertas gosok. Dengan begitu, pengering mesin cuci akan berfungsi secara normal kembali.

Pindahkan Mesin Cuci


Salah satu hal yang dapat menyebabkan pengering mesin cuci mengalami kerusakan juga dikarenakan posisi mesin cuci yang tidak tepat. Bilamana anda meletakannya di lantai yang tidak rata akan membuat pengering mesin cucui mudah rusak. Agar dapat berfungsi dengan baik, letakan mesin cuci pada permukaan lantai yang rata. Sehingga pengering mesin cuci dapat berjalan dengan baik.

Itulah beberapa tips memperbaiki pengering mesin cuci yang rusak. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

0 Comments

Posting Komentar