√ 5 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di HP&PC

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca


Flashdisk atau dikenal dengan penyimpanan eksternal ini memiliki fungsi penting untuk sebagian besar orang, salah satu fungsinya tentu memindahkan data dari lokasi satu ke lokasi lain dan sebagai tempat penyimpanan cadangan yang bisa dibawa kemana saja. Flashdisk sendiri meskipun memiliki kelebihan, namun banyak juga kelemahannya seperti yang sedang kita bahas di artikel ini yaitu data tidak terbaca.

Banyak hal yang menyebabkan flashdisk tidak bisa terbaca dengan baik meskipun awal-awalnya bisa dikatakan normal. Hanya saja, setiap pengguna terkadang tidak menyadari kalau flashdisk yang seringkali digunakan untuk mentransfer dan menerima data bisa mengalami error atau rusak.

Nah, biar tidak penasaran mengenai penyebab flashdisk yang tidak terbaca. Coba simak informasinya dibawah ini.

Penyebab Umum Flashdisk Tidak Terbaca


  • Flashdisk yang tidak bisa terbaca besar kemungkinan karena desakan keras yang dilakukan oleh pengguna, hal ini bisa membuat flashdisk bisa kocak atau rusak fisik
  • Sering menarik keluar flashdisk terlalu keras yang bisa menyebabkan tidak terbaca
  • Ada masalah pada driver laptop atau pc yang anda gunakan
  • Port USB kotor atau tidak berfungsi semestinya
  • Flashdisk yang anda pakai merk abal-abal atau kualitasnya buruk
Nah dari kesekian penyebab flashdisk tidak bisa terbaca, beberapa diantaramya bisa dikarenakan kesalahan pengguna dan juga karena kualitas flashdisk yang buruk. Berikut ini adalah tips atau cara mudah mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Semoga kedepannya bisa bermanfaat.

1. Scanning dengan antivirus


Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah melakukan scanning flashdisk dengan menggunakan antivirus. Meskipun peluangnya hanya 70%, anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Siapa tahu flashdisk anda terinfeks virus sehingga file tertentu tidak dapat terbuka di dalam pc atau laptop. Gunakan antivirus flashdisk seperti smadav yang notebene memiliki dabatase untuk menganalisa flashdisk.

2. Cek kondisi port USB


Berikutnya yang bisa anda lakukan adalah mengecek kondisi port usb yang terkadang seringkali digunakan akan longgar lubangnya. Kondisi lubang yang longgar atau kocak, biasanya menyulitkan  flashdisk terbaca di sistem komputer.  Alhasil, anda tidak dapat melihat data. Atau mungkin, cara yang lebih pasti bisa mengecek kondisi port usb dengan driver lain seperti mause atau keyboard mungkin.

3. Gunakan card reader


Card reader yang memiliki lubang port USB bisa menjadi alternatif untuk membaca file flashdisk. Biasanya ini berjalan dengan baik, tergantung dari kondisi flashdisk apakah pada saat dicolokkan masih berkedip atau tidak sama sekali. Jika tidak, bisa dipastikan flashdisk sudah rusak.

4. Memformat flashdisk


Langkah berikutnya yang mungkin cukup mengambil resiko karena anda akan kehilangan data di flashdisk, jika data penting, maka abaikan langkah ini. Namun kalau data yang ada tidak terlalu penting dan bisa dibuat ulang, silahkan gunakan fungsi format untuk menghapus secara menyeluruh file yang ada di flashdisk.

Fungsi format ini bisa anda lakukan dengan menancapkan flashdisk ke dalam komputer – Klik kanan – Format – tunggu sampai selesai. Setelah itu, silahkan cabut flashdisk dan coba kembali masukkan ke port USB komputer.

5. Meminjam komputer teman atau saudara


Jangan terlalu gegabah untuk melaukan format, coba dulu anda pinjam laptop atau komputer teman anda, siapa tahu port USB laptop / pc anda yang bermasalha. Jika tetap tidak bisa, langkah terakhir adalah melakukan format tadi.

Nah itulah cara memperbaiki flashdisk yang rusak dan tidak terbaca oleh komputer maupun perangkat lainya seperti hp. Semoga bermanfaat, terimakasih

0 Comments

Posting Komentar