√ 3 Cara Ampuh Mengatasi Masalah Laptop Blue Screen

Cara Memperbaiki Layar Laptop Blue Screen


Berbicara mengenai masalah pada laptop mungkin tidak akan pernah ada habisnya, perangkat elektronik yang satu ini selain memiliki fungsi memudahkan pekerjaan semua orang, ternyata seringkali memiliki masalah yang selalu muncul kapanpun. Beberapa diantaranya mungkin seperti layar bergaris, layar mati dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami mencoba memberi pembahasan kepada anda semua tentang cara memperbaiki layar laptop blue screen yang mungkin sekarang sedang anda alami. Banyak penyebab bisa terjadi blue screen, salah satunya dikarenakan kesalahan sistem windows yang kemungkinan besar ada yang error atau tidak cocok dengan sistem laptop. Beberapa diantaranya, masalah ini seringkali dialami pengguna yang sedang melakukan proses install windows ulang. Jadi, kalau anda mau memperbaikinya, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Mudah memperbaiki Layar Blelue Screen di Laptop atau PC


1. Melakukan restart komputer kembali


Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan kondisi laptop seperti semula dengan melakukan restart ulang yang artinya anda harus menunggu apakah setelah restart tetap mengalami kondisi yang sama atau tidak.

Biasanya untuk beberapa masalah seperti ini bisa kembali normal tanpa harus melakukan banyak hal. Cukup restart dengan menekan tombol power dalam waktu beberapa detik saja, biarkan terlebih dahulu laptop anda dalam kondisi tercharger dan kemudian coba kembali dinyalakan.

2. Gunakan sistem restore


Cara kedua ini banyak dilakukan para pengguna laptop untuk mengembalikan kondisi laptop yang sedang crash kembali normal, salah satu cara yang dipakai adalah dengan sistem restore yang bisa anda akses di menu control panel.

Menu restore ini mempermudah setiap pengguna untuk mengembalikan data, settingan dan kondisi dimana laptop anda sedang dalam perfoma terbaiknya. Jadi, masalah blue screen bisa diatasi dengan tepat. Langkah masuk ke sistem restore.

  • Matikan laptop dahulu dengan menekan tombol power sedikit lebih lama
  • Kemudian pada saat anda menyalakan kembali, pastikan untuk klik F8  dan anda pilih Booting Safe Mode. 
  • Selanjutnya anda bisa masuk ke menu safe mode ( Start Windows – Control Panel – System and Security – Action center – Recovery – Open System Restore – Next – Next – Finish – Yes ). 
  • Pada tahap ini laptop anda akan melakukan restart otomatis yang kemudian akan melakukan booting dengan sendirinya. Biarkan dahulu kondisi ini sampai benar-benar selesai dan anda dibawa masuk ke halaman windows normal. 

3. Instal dengan Windows Versi terbaru


Bila kedua cara diatas masih belum bisa menangani masalah blue screen pada laptop anda, silahkan lakukan proses instalisasi dengan menggunakan windows terbaru yang tersedia cukup banyak di internet.  

Pastikan sebelum melakukan proses instalisasi, pilih terlebih dahulu os windows sesuai dengan seri laptop, baik yang 64 bit atau 32 bit. Sesuaikan dengan seri laptop sehingga tidak sia-sia anda mendownload file dengan ukuran yang besar. Karena ini membuat bootable windows sendiri, silahkan siapkan beberapa alat seperti flashdisk dengan ukuran 16 GB ataupun DVD RW 16 GB. 
  • Silahkan buat bootable windows dengan Flashdisk terlebih dahulu, gunakan rufush untuk mempermudah pembuatan
  • Setelah itu masuk ke mode booting dan utamakan priority Hdd Flashdisk nomor 1 untuk proses instalisasi windows
  • Lakukan prosedur instalisasi dengan benar hingga selesai
  • Selamat laptop anda kembali lagi seperti semula
  • Selanjutnya tinggal install aplikasi dan software yang dibutuhkan

Nah itulah tips cara memperbaiki layar laptop yang blue screen yang dapat kamu lakukan. Semoga bermanfaat. Terimakasih

0 Comments

Posting Komentar