Resleting Rusak ? Jangan diganti Dulu Sebelum Lakukan 6 Cara Ini

Cara Memperbaiki Resleting Rusak


Apakah anda pernah mengalami kendala resleting rusak? Resleting rusak bisa disebabkan karena beberapa faktor di dalamnya seperti sudah lama pemakaiannya, terlalu keras saat membuka dan menutup resleting, dan berbagai macam kendala lainnya. Hal seperti ini seringkali terjadi pada setiap orang yang menggunakan celana beresleting.

Untuk menanganinya, perlu cara yang harus anda lakukan agar resleting dapat digunakan kembali seperti biasanya. Bagi anda yang mengalami kendala seperti ini, berikut adalah beberapa cara memperbaiki resleting yang rusak!

Cara Mudah Memperbaiki Resleting yang Rusak

1. Lumaskan Dengan Grafit


Perlu anda ketahui, grafit yang ada di dalam pensil ternyata mengandung minyak alami, sehingga bersifat licin. Nah, anda bisa menggunakan pensil bilamana terjadi kendala pada resleting yang digunakan.

Caranya sangat mudah, anda tinggal menggosok-gosokan pensil ke resleting secara terus menerus sampai resleting terbuka. Pastikan anda melakukannya dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Lakukan sesuai jalur resleting secara perlahan, jangan lupa anda sambil menekan pegangan resleting supaya dapat digerakan dengan lancar.

2. Gunakan Tang


Salah satu kendala yang sering terjadi pada resleting adalah kondisinya yang bengkok, sehingga membuat resleting tidak bisa dijalankan. Jika anda mengalami hal seperti ini, anda bisa menggunakan tang untuk membantu resleting yang bengkok.

Caranya cukup mudah, jepit saja bagian kepala resleting dengan menggunakan tang. Lakukan secara perlahan-lahan hingga kepala resleting mampu mengetrap kembali. Dengan begitu, resleting siap digunakan kembali.

3. Oleskan Sabun


Bukan grafit saja yang mengandung minyak alami, sabun juga mengandung bahan pelican yang dapat digunakan untuk memperbaiki resleting yang rusak. Gunakan sabun cuci piring saja untuk memperbaiki resleting yang rusak.
Caranya sangat mudah, tuangkan sabun cuci piring ke dalam wadah seperti piring kecil.

Untuk pengolesan bisa menggunakan pembersih telinga. Oleskan sabun pada pengorek telinga lalu tempelkan pada bagian resleting yang rusak. Lakukan secara perlahan hingga resleting terbuka kembali.

4. Hindari Tekanan Pada Resleting


Hal yang sering membuat resleting rusak adalah tekanan yang terlalu berlebihan. Sehingga resleting akan sulit tertutup dan terbuka dengan baik. Bilamana hal ini terjadi, anda bisa mencegahnya dengan cara mengurangi tekanan pada resletiing. Anda bisa memisahkannya ke tempat lain atau dibawa dengan menggunakan tangan.

5. Hilangkan Kotoran Pada Resleting


Celana menjadi salah satu pakaian yang mudah terkena kotoran karena digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti pergi ke sawah, bermain bola di lapangan, tentu hal ini akan membuat celana mudah kotor. Jika anda menggunakan celana yang ada resletingnya, maka kotoran akan mudah membuat resleting rusak.

Disini anda harus segera mungkin membersihkannya setelah penggunaan resleting. Kebanyakan orang-orang melakukan pencucian setiap seminggu sekali, hal seperti ini tidak efektif untuk dilakukan karena kotoran yang ada pada pakaian sulit dihilangkan. Begitu juga dengan celana yang beresleting, kerusakan berpotensi besar pada celana jika tidak dihilangkan kotorannya dengan baik.

6. Mengganti Resleting


Apabila beberapa cara di atas tidak bisa diatasi, maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah mengganti resleting tersebut. Anda bisa menggantinya ke konveksi supaya lebih mudah dalam penanganannya.

Mengganti resleting akan membuat kondisinya dapat berjalan dengan lancar, sehingga tidak ada kendala yang terjadi lagi pada resleting. Anda bisa menggunakannya dengan nyaman saat bepergian kemanapun.

0 Comments

Posting Komentar