√ Cara Mengatasi HP Yang Disadap

Cara mengatasi hp yang disadap


Disadap merupakan sebuah bentuk korban dari kejahatan dunia maya yang pastinya akan sangat merugikan bagi orang yang terkenanya terlebih jika data atau hal privasinya dapat terambil oleh orang yang menyadapnya.

Meskipun disadap tidak diinginkan oleh kebanyakan orang, namun masih banyak juga orang yang merasa cuek terhadap keamanan dirinya sendiri yang malah dimanfaatkan oleh para penyadap untuk melakukan penyadapan.

Nah, jika sudah tekena pastinya akan bingung bagaimana cara mengatasinya. Namun, hal itu masih bisa diusahakan, seperti beberapa cara dibawah  ini.

1. Menghentikan melalui dial kode


Cara pertama yang bisa kamu lakukan saat kamu mengetahui kamu disadap pastinya dengan langsung memutus tali penyadapannya tersebut, seperti jika kamu disadap panggilannya, smsnya, dan lainnya.

Kamu bisa memutusnya dengan melakukan dial pada kode yang ada. Caranya kamu tinggal buka aplikasi panggilan telepon seperti biasa, kemudian ketikkan kode ##0002# kemudian tinggal telpon seperti biasanya.

Setelah kamu dial pastinya nantinya akan ada konfirmasi bahwa penghapusan berhasil, hal itu berarti bahwa tali penyadapanmu telah berhasil kamu putus dan pastinya hpmu menjadi tidak tersadap lagi untuk telpon, sms, dan sebagainya.

2. Hapus aplikasi yang mencurigakan


Salahsatu cara yang paling banyak dilakukan oleh para penyadap hp terutama untuk hp yang tingkat kemanannya rendah yaitu dengan memasukkan berbagai jenis malware untuk menyadap hp kedalam aplikasi.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang khawatir akan disadap atau bahkan sudah mengetahui bahwa ternyata kamu telah tersadap dan ingin menghentikan penyadapannya maka kamu bisa melakukan penghapusan aplikasi yang mencurigakan.

Kamu bisa mengingat-ingat, aplikasi apa saja yang telah kamu instal sebelum terjadinya penyadapan itu. Kamu bisa masuk kedalam bagian setting dan masuk pada menu aplikasi dan cari saja aplikasi yang menurutmu mencurigakan.

Dengan menghapus aplikasi tersebut setidaknya dapat mengurangi potensi penyadapannya lebih lanjut, meskipun jika terdapat hal lainnya masih juga tetap tertinggal. Oleh sebab itu, memang sebaiknya kamu harus berhati-hati saat mendownload aplikasi lewat internet.
Kamu harus selalu mencari tahu apakah website yang menyediakan download apllikasi itu terpercaya ataukah tidak.

3. Memasang proteksi hp


Proteksi disini bukan proteksi yang ada diluar hp seperti casing dan sebagainya, namun proteksi disini merupakan proteksi keamanan softwarenya karena biasanya penyadapan akan mudah dilakukan jika kamu tidak memasang proteksi didalamnya.

Misalkan kamu tinggal memasang kunci layar, kunci aplikasi, dan sebagainya. Memang jika kamu menggunakan proteksi seperti itu pasti akan sedikit lebih ribet, namun hal itu dapat mengurangi kamu terkena tindak penyadapan lebih lanjut.

Jika ternyata kamu terkena sadap maka setidaknya orang tersebut tidak dapat membuka aplikasi yang beresiko, sehingga pastinya akan sedikit lebih aman meskipun masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang seperti itu.

4. Melakukan pembaruan software


Software yang sudah lama atau usang biasanya rentan terkena tindak kejahatan, oleh sebab itu sebisa mungkin kamu melakukan update pada software apabila memang sudah ada pembaruan pada aplikasi tersebut.

Tidak hanya pada aplikasi, pada pembaruan ponsel pun sebaiknya juga kamu update jika ada notifikasi update karena dengan melakukan update pastinya sistem keamanannya akan menjadi lebih kuat dan bug yang ada dapat terminimalisir untuk digunakan tindak kejahatan seperti penyadapan.

Itulah artikel mengenai cara mengatasi hp disadap. Dengan adanya artikel ini pastinya kamu dapat menjadi lebih berhati-hati untuk menjaga keamanan ponselmu supaya tidak terkenda tindak kejahatan seperti penyadapan ini.

0 Comments

Posting Komentar