√ 8 Penyebab Laptop Lemot dan 5 Cara Ampuh Mengatasinya

Cara mengatasi laptop lemot



Laptop tiba-tiba lemot saat mengerjakan tugas adalah hal yang menjengkelkan, terlebih lagi ketika mengerjakan sesuatu yang penting.

Mungkin bagi sebagian orang cenderung memilih untuk membeli laptop baru dengan kualitas lebih bagus dari laptop sebelumnya.

Nah buat Anda yang bingung cara mengatasi laptop lemot, langsung saja simak caranya berikut ini

Penyebab laptop menjadi lemot


Sebelum membahas cara memperbaiki laptop lemot, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu apa penyebab sebuah laptop menjadi lemot.

  1. Terlalu banyak menginstall aplikasi
  2. RAM kecil
  3. Hard Disk sudah tua
  4. Menjalankan banyak aplikasi sekaligus
  5. Processor terlalu panas
  6. Hard Disk penuh 
  7. Terkena Virus
  8. File sampah tidak dibersihkan
Nah gimana sudah tahu kan penyebabnya ? Kini anda sudah bisa mengantisipasi supaya tidak terjadi hal serupa

Cara mengatasi laptop lemot


1. Uninstall aplikasi yang tidak terlalu dipakai

Menguninstall aplikasi yang jarang dipakai akan membuat penyimpanan anda longgar dan ini akan memberikan ruang sehingga laptop tidak cepat memanas maupun lemot.

2. Menggunakan aplikasi Booster

Setelah memiliki cukup banyak ruang anda bisa menginstall aplikasi booster seperti CCleaner untuk mempercepat kinerja laptop hingga performa terbaik serta dapat membersihkan file cache (sampah) secara otomatis.

3. Menggunakan pendingin mesin laptop

Anda bisa membeli cooling pad untuk mendinginkan mesin laptop. Mesin terlalu panas dapat membuat laptop menjadi lemot, saatnya anda atasi dengan membeli cooling pad.

4. Install ulang windows

Ini adalah cara jitu untuk mengatasi laptop lemot. Dengan melakukan installasi ulang pada laptop akan membuatnya terasa seperti baru lagi.

5. Menambah RAM

Jika masih saja terasa lemot mungkin itu pertanda bahwa laptop anda minta tambahan ram. RAM berfungsi untuk menyimpan file sementara secara random ketika anda membuka suatu aplikasi, semakin besar ukuran aplikasi maka semakin banyak pula dia menghabiskan RAM.

Itulah cara mengatasi laptop lemot, anda bisa melakukan instal ulang sendiri dengan panduan youtube. Jika, masih ragu lebih baik di bawa ke service saja.

0 Comments

Posting Komentar