√ 3 Penyebab Baterai Kembung dan Cara Memperbaikinya

Cara Memperbaiki Baterai Kembung


Baterai smartphone android menjadi komponen penting sebagai jantung untuk memberi kehidupan pada handphone yang anda miliki sekarang ini. Kerusakan yang terjadi pada sebuah baterai bisa disebabkan banyak hal, salah satunya adalah dari penggunaan anda sendiri yang tidak bisa memakai smartphone secara bijak dan pada akhirnya berdampak kerusakaan pada komponen baterai.

Baca juga : Cara mengatasi baterai yang cepat habis

Tidak mengherankan kalau perfoma baterai android akan mengalami penurunan setelah pemakaian kurang dari 3 – 5 bulan saja, apalagi bagi anda yang sudah memakai ponsel lebih dari 1 tahun, tentu sudah merasakan penurunan kinerja dan konsumsi daya baterai yang cukup tinggi. Nah, masalah seperti ini seringkali dialami banyak pengguna smartphone android dan beberapa diantaranya berhasil memperbaiki dengan tips yang ada di internet.

Namun, pernahkah anda memperbaiki baterai kembung dengan cara ditusuk ? Meski hal ini dinggap cukup berbahaya, tidak sedikit pengguna smartphone yang melakukannya karena cukup efektif untuk mengembalikan kondisi baterai seperti semula.

Mari kita lihat terlebih dahulu penyebab umum baterai android bisa kembung / menggembung.

Penyebab  Umum Baterai Android Menggembung


1. Overcharging


Salah satu yang bisa mengurangi usia pemakaian baterai adalah pengecasan dalam waktu yang cukup lama. Seringkali kami menemukan pengguna android yang sengaja membiarkan ponsel mereka tercharger dalam waktu yang lama, kami kurang mengetahui alasan mereka melakukan hal tersebut.

Pastinya, masih banyak pengguna android yang melakukan hal tersebut. Padahal, mengisi daya dalam waktu yang lama tidak bagus untuk kondisi baterai, terlebih lagi baterai yang tidak mendukung berhenti mengisi otomatis. Daya akan masuk ke baterai dan mengalami overcharging.

2. Memakai charger yang bukan aslinya


Masalah lain yang bisa menyebabkan baterai kembung atau menggembung adalah pemakaian charger yang bukan asli bawaan pabrik. Hal ini juga sering kali lihat, kalau pengguna ponsel sekarang ini lebih suka memakai charger abal-abal karena dianggap lebih unik atau alasan lain karena charger yang asli hilang / rusak. Daya listrik yang dialirkan dari charger yang bukan aslinya tentu berbeda, sehingga tidak stabil untuk diterima baterai ponsel anda.

Hal ini yang menyebabkan pengisian tidak cocok akan membuat daya baterai tidak maksimal. Padahal setiap pabrikan handphone sudah memberikan kapasitas daya yang sesuai dengan kebutuhan baterai setiap seri ponsel.

3. Penggunaan yang terlalu berlebihan


Penyebab baterai menggembung ini bisa disebabkan juga karena penggunaannya terlalu berlebihan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah penggunaan smartphone sambil dicharger dan digunakan untuk bermain games. Kondisi seperti ini akan membuat pengisian daya menjadi tidak optimal dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen baterai. Terlebih lagi suhu baterai akan naik.

Cara Memperbaiki Baterai Kembung dengan ditusuk Jarum


Cara yang banyak dilakukan oleh orang-orang untuk memperbaiki baterai ponsel mereka yang menggembung, biasanya ditusuk dengan menggunakan sebuah jarum. Tusukan pada baterai kembung ini juga perlu hati-hati, karena kalau terlalu keras bisa merusak komponen yang ada di dalamnya.

Meski tidak terlalu bahaya untuk digunakan, cara ini lebih sederhana dan solusi yang tepat untuk anda yang mengalami baterai kembung. Silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama buka casing handphone bagian belakang
  2. Ambil baterai dan siapkan jarum yang masih baru atau tidak berkarat
  3. Silahkan tusukkan jarum tersebut dari bagian samping dan bawah baterai, tepat pada posisi yang menggembung
  4. Setelah ditusuk, jangan lupa untuk meratakan permukaan sejajar dengan permukaan baterai lain dengan menggunakan tangan
  5. Buang gas yang ada didalamnya dengan menusuk perlahan ya
  6. Selesai

Nah itulah tips memperbaiki baterai kembung dengan cara di tusuk jarum. Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 Comments

Posting Komentar