√ 2 Cara Memperbaiki HP Android Mentok di Logo

Cara Memperbaiki Android Mentok di Logo



Masalah yang seringkali dialami oleh para pengguna ponsel android biasanya adalah bootlop atau kondisi dimana ponsel android yang dinyalakan namun stuck di gambar logo saja. Nah, masalah seperti ini biasanya disebabkan karena beberapa hal seperti kesalahan sistem, bug pada ponsel, kesalahan rooting, install ROM yang tidak kompatible dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak semua orang paham cara memperbaiki hp android yang mentok di gambar logo atau bootloop ini. Pada dasarnya, kami sendiri juga mencari referensi terbaik yang bisa memberikan hasil ampuh atas masalah seperti ini.

Silahkan coba baca tutorial dari kami mengenai cara mudah memperbaiki hp android yang stuck di logo atau bootloop. Paling tidak, hal utama yang harus anda lakukan adalah jangan panik dengan kondisi seperti ini, karena kalau anda panik hanya akan memperkeruh keadaan saja.

Ada baiknya tetap berpikir positif dan cari cara terbaik untuk memperbaiki ponsel yang mengalami bootloop. Penting juga untuk anda ketahui kalau jenis bootloop ini ada yang ringan dan berat, sifatnya berbeda-beda.

Kalau ringan ini hanya sementara dan yang hard bootloop sifatnya lebih permanen meskipun sudah dicoba perbaiki berkali-kali. Semoga saja ponsel anda hanya bootloop sementara, sehingga bisa kembali normal.

Cara Memperbaiki Android Yang mentok di Logo


1. Mengatasi bootloop ringan (Teknik sederhana)

Cara pertama ini bisa anda lakukan dengan mudah dan tanpa menggunakan software atau aplikasi apapun. Cukup dengan membiarkan ponsel beberapa jam saja setelah mengalami keadaan bootloop.

Maksimal 5-8 jam, biarkan sampai kondisi handphone anda sudah benar-benar tidak panas dan kemudian coba kembali dengan menyalakannya. Atau kalau tidak mungkin sembari di charger sampai penuh dulu.

Bootloop seperti ini biasanya akan cepat pulih kembali tanpa melakukan apapun, hanya saja kembali lagi apakah hp anda mengalami bootloop ringan atau parah.

2. Mengatasi bootloop yang kedua (menggunakan factory reset)

Cara kedua ini mengharuskan anda menghapus semua data yang ada di ponsel dengan mengembalikannya ke pengaturan awal. Factory reset yang artinya mengembalikan ke settingan pabrikan layaknya settingan dafult pertama kali membeli handphone.

Kekuarangan cara ini yang pasti adalah menghapus semua data di ponsel, kecuali kalau sebelumnya anda sudah mencadangkan file di penyimpan awan atau memory card.

Silahkan ikuti caranya dibawah ini:

1. Bagi anda yang ingin masuk ke mode Recovery ini bisa menekan tombol HOME + Volume Up + Power secara bersamaan hingga muncul menu dengan warna biru atau merah "Tulisan".

Artinya anda sudah masuk ke menu recovery.  Perhatikan kembali kalau fungsi kode biasanya berbeda-beda untuk merek ponsel. 

2. Sekarang anda bisa mengarahkan ke menu Wipe Data dengan menggunakan tombol Volume Up dan Down sebagai navigasi darurat, pilih WIPE DATA / Factory Reset.

3. Kemudian akan muncul perintah baru, pilih YES – DELETE ALL USER DATA. Otomatis proses akan berjalan dan menghapus seluruh data yang ada di ponsel anda.

Pastikan hal ini bisa berjalan dengan lancar, setelah itu anda bisa mencobanya apakah sudah kembali normal atau belum. Jika belum, langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah install custom rom bawaan atau modifikasi. Selamat mencoba.

Sekian informasi dari kami mengenai cara memperbaiki hp android yang mentok di logo atau bootloop. Terimakasih. 

0 Comments

Posting Komentar