[Paling Ampuh 🔥] 5 Cara Mudah Mempercepat Kinerja Laptop atau Kompter sampai Sukses

[Paling Ampuh 🔥] 5 Cara Mudah Mempercepat Kinerja Laptop atau Kompter sampai Sukses


Ketika masih baru, latop akan terasa sangat lancar jika digunakan. Namun setelah digunakan beberapa waktu lamanya, kinerja laptop mulai lemot bahkan menjadi sangat lemot. 

Laptop lemot memang sangat menjengkelkan karena semua aktivitas terhambat gegara hal tersebut. Terlebih lagi ketika sedang mengerjakan hal penting yang harus diselesaikan tepat waktu. 

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukanya dengan cara mempercepat kinerja laptop itu sendiri. Mulai dari membersihkan file sampah yang menumpuk hingga membersihkan bagian dalam komputer seperti Hardisk dan RAM.

Penasaran ? Kamu bisa membaca tips berikut ini untuk mempercepat kinerja laptop, baik itu laptop maupun komputer, kamu bisa menggunakan tips ini.

4 Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer


1. Melonggarkan Penyimpanan



Penyimpanan yang hampir penuh dapat membuat laptop ngosngosan karena laptop membutuhkan cukup ruang untuk menjalankan program yang sedang dibuka. Penyimpanan yang longgar akan memberikan ruang untuk laptop supaya bekerja dengan maksimal.

2. Membersihkan Virus



Penyebab laptop atau komputer lemot salah satunya disebabkan oleh virus. Ada berbagai macam virus yang ada dalam dunia maya dan salah satunya dapat membuat laptop kamu menjadi tidak stabil dan mengalami blank.

Untuk mengatasinya, kamu harus menginstall salah satu aplikasi antivirus dan membersihkan virus tersebut dari laptop atau komputer kamu secara menyeluruh.

3. Menambahkan RAM



Jika kedua cara diatas sudah kamu lakukan dan laptop atau komputer masih saja lemot, berarti sudah waktunya untuk menambahkan teman bagi RAM laptop kamu.

Menambah RAM akan membuat kinerja laptop lebih leluasa, karena laptop membutuhkan RAM untuk menyimpanya secara sementara ketika menjalankan sebuah aplikasi. 

Semakin banyak kapasitas RAM yang dimiliki pada suatu laptop, maka akan semakin lancar juga untuk mengoperasikan sebuah aplikasi.

4. Mengganti HDD ke SSD



Apa itu SSD dan apa bedanya dengan HDD ? Simpelnya biar kamu paham, SSD itu seperti Flashdisk dan HDD seperti MMC External yang dijual untuk smartphone kamu.

SSD sendiri mempunyai kecepatan 8x lipat lebih kencang dari pada HDD. Hal inilah yang menyebabkan harga SSD lebih mahal daripada HDD.

Apabila laptop kamu menggunakan SSD maka kecepatan untuk membuka sebuah aplikasi bisa 8x lebih cepat. Begitu juga ketika kamu melakukan transfer file seperti Copy - Paste.

5. Update Sistem Operasi


Nah langkah terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer kamu adalah dengan meng-update sistem operasi.

Banyak sekali yang akan kamu dapatkan apabila melakukan update, mulai dari keamanan, laptop menjadi stabil, fitur baru, dan masih banyak lagi yang telah disiapkan oleh pihak pengembang.

Jadi, tidak ada salahnya kan kalau kamu sering - sering melakukan update apabila telah muncul notifikasi pembaruan operasi sistem, toh manfaatnya juga banyak.

Itulah 5 cara untuk meningkatkan peforma laptop agar tidak lemot ataupun blank yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah.

Load comments