9+ Cara Untuk Memperbaiki HP Mati Total Hingga Nyala Kembali


9+ Cara Untuk Memperbaiki HP Mati Total Hingga Nyala Kembali



Assalamu'alaikum Wr. Wb sahabat Tips Lina - HP android kamu mengalami kerusakan sehingga hp menjadi mati total ? Eits tenang, jangan terburu - buru dibawa ke tukang servis dulu ya sahabat Lina.


Karena bisa saja hp kamu menyala lagi setelah mengikuti panduan yang telah Lina rangkum di bawah ini. Yuk kita pelajari!




Penyebab HP Android Mati Total


Sebelum membahas cara memperbaiki hp matot, ada baiknya sahabat Lina juga tahu apasaja faktor penyebab terjadinya mati total pada hp.

Kerusakan ini dibedakan menjadi 2:

  1. Mati ringan : HP bisa menyala namun hanya sebatas logo.
  2. Mati total : HP sama sekali tidak menyala meskipun sudah dicharge seharian.

1. Root




Nah buat kamu yang suka sekali mengoprek hp pasti tidak asing dengan yang namanya Root. Melakukan rooting pada hp tidak selalu berjalan mulus karena resiko ketika melakukan root adalah hp menjadi bootloop ringan hingga berat (mati total).


2. Menginstall Aplikasi Berbahaya


Sebap hp mati mendadak


Menginstall aplikasi yang tidak kompatibel pada perangkat kamu juga menjadi salah satu sebab hp mati secara tiba - tiba. Pasalnya aplikasi yang tidak kompatibel bisa membuat kerusakan dan bug pada sistem hp.


3. HP Masuk ke Air


Hp mati


Yang satu ini pasti sahabat Lina sudah pada tahu dong efek buruk jika hp masuk ke air. Apabila ponsel kamu tidak memiliki pelindung air, maka air cepat masuk merambat dari sela - sela casing dan menyebabkan komponen hp rusak sehingga hp mati total.


4., Overlock


Apa penyebab hp mati total


Overlock merupakan kondisi dimana smartphone bekerja dengan mencapai batas maximalnya. Sehingga beberapa komponen yang tidak kuat untuk bertahan akan rusak.


5. Beterai Rusak




Hp yang tiba - tiba mati sendiri bukan berarti rusak atau mengalami bootloop. Namun bisa saja karena baterai pada ponsel sudah rusak dan tidak dapat bekerja lagi.


6. HP Terjatuh dari Ketinggian




Hp terjatuh dari tempat yang cukup tinggi bisa membuat hp jadi mati total. Hal ini dikarenakan beberapa pcb yang terpasang di dalam ponsel mengalami kerusakan seperti bautnya terlepas dan pcb retak.


Nah dari 6 sebab di atas apakah ada salah satu yang cocok dengan sebab matinya hp kamu ? Atau kamu punya sebab lainya yang belum Lina ketahui ? Komen di kolom komentar ya!




Cara Perbaiki HP Mati Total



1. Cas Terlebih Dahulu


Cara perbaiki hp mati total


Kan hpnya mati total kok disuruh ngecas ? Sebenarnya melakukan charge pada ponsel yang mati total bertujuan untuk mengetahui apakah baterainya rusak atau komponen lainya yang rusak.


Ada baiknya cas hp selama ± 30 menit dan apabila tidak kunjung menyala berarti ada kemungkinan bahwa baterainya rusak.


2. Ganti Baterai HP


Hp android matot cara memperbaikinya


Setelah hp dicharge selama ± 30 menit dan tidak kunjung menyala maka tidak ada salahnya mencoba untuk mengganti baterai pada hp kamu yang matot dengan baterai lain. 


Kamu bisa melakukan kanibalan dari ponsel lainya atau meminjam langsung pada tukang servis terdekat untuk memastikan bahwa hp kamu yang matot tersebut karena baterai yang rusak.


3. Melakukan Flash pada HP


Cara perbaiki hp matot


Apabila penyebabnya bukan terletak pada baterai ponsel kamu maka sebaiknya segera lakukan flashing.


Melakukan flashing akan mengganti sistem ponsel kamu dari yang lama ke sistem ponsel yang baru. Hal ini membutuhkan perangkat lain untuk dapat menjalankan proses tersebut. 


Nah jika sahabat Lina mempunyai laptop bisa melakukan flashing sendiri dengan bantuan tutorial flashing di youtube atau google. 


Namun apabila ingin melakukan flash di tukang servis maka biayanya sekitar Rp. 50.000 - 100.000 tergantung penjual jasa itu sendiri.


4. Reset Factory Melaui TWRP


Cara atasi hp mati total


Apa itu Reset Factory ? Reset factory memiliki kesamaan dengan setelan pabrik pada menu setelan yang sama - sama berfungsi memformat ulang sistem ponsel.


Apabila hp kamu masih bisa menyala meskipun cuma muncul logo saja, ada kemungkinan dapat masuk ke dalam mode TWRP.


Cara masuk ke mode TWRP setiap ponsel mempunyai kode yang berbeda, namun pada umumnya cukup menekan " Volume Up + Power " atau " Volume Down + Power " secara bersamaan.

Setelah masuk ke dalam mode recovery silahkan kamu lakukan reset factory, berikut caranya:

  1. Klik menu WIPE.
  2. Lalu centang pada bagian WIPE DATA.
  3. Centang juga bagian WIPE CACHE.
  4. Setelah itu klik Ok/Geser untuk mengeksekusi perintah (Opsi tergantung versi TWRP yang kamu gunakan).
  5. Tunggu hingga proses selesai.
  6. Reboot ponsel.
  7. Selesai.


Catatan: Lepaskan terlebih dahulu memori card eksternal apabila masih terpasang sebelum melakukan reset factory.


Nah itulah beberapa poin yang dapat Lina jelaskan untuk mengatasi hp android tidak bisa menyala. Apabila kamu punya pengalaman tentang hal ini silahkan berbagi di kolom komentar ya, supaya ilmunya bermanfaat. Wassalamu'alaikum.