Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Laptop atau Komputer


Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di Laptop atau Komputer

Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca

Assalamu'alaikum sahabat Lina - Flashdisk memang sudah menjadi kebutuhan bagi seorang pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran. Peran flashdisk dalam membantu menyimpan dan mentransfer file sangat berguna karena itu flashdisk menjadi alat yang sangat dibutuhkan dalam pekerjaan tertentu.


Seringkali terkadang ketika melepas flashdisk kita lupa untuk melakukan eject terlebih dahulu. Selain agar usia flashdisk awet, melakukan eject sebelum melepas flashdisk juga dapat mencegah terjadinya kerusakan salah satunya flashdisk tidak terbaca.


Penyebab Umum Flashdisk Tidak Terbaca


  1. Flashdisk habis terjatuh.
  2. Flashdisk dikeluarkan tanpa melakukan eject.
  3. Drive laptop atau komputer bermasalah.
  4. Port USB kotor.
  5. Flashdisk KW sehingga mudah rusak.
  6. Terkena virus. 

Mungkin masih banyak lagi penyebab flashdisk tidak bisa terbaca selain yang Lina sebutkan di atas. Apapun itu sebaiknya kita berhati - hati karena bisa saja ada data pentig di dalam flashdisk yang tiba - tiba rusak.


Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca



1. Scan Flashdisk


Langkah lertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan scanning flashdisk dengan software antivirus. Flashdisk yang terkena virus terkadang menjadi penyebab flashdisk tidak dapat terbaca oleh laptop atau komputer.


Sebaikanya lakukan pengecekan apakah flashdisk kamu terkena virus atau tidak. Jika setelah melakukan scanning ditemukan kendala virus, segera bersihkan.


Biasanya cara ini berhasil di beberapa flashdisk yang mempunyai masalah tidak dapat terdeteksi di laptoatau komputer.


2. Bersihkan Port USB


Flashdisk tidak terdeteksi bukan berarti flashdisk tersebut rusak, namun bisa saja dikarenakan lubang atau port usb yang digunakan kotor atau rusak.


Sebaiknya kamu bersihkan terlebih dahulu dengan cotton bud atau kain yang mampu menjangkau bagian dalam lubang port usb tersebut, setelah itu pasang kembali flashdisk yang kamu gunakan.


3. Memformat Flashdisk


Melakukan format pada flashdisk menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca di laptop atau komputer.


Dengan menformat flashdisk semua virus atau kerusakan ringan yang terjadi pada flashdisk akan hilang dan flashdisk kembali seperti semula. 

Cara memformat flashdisk tidak terbaca di laptop atau komputer :

  1. Pertama pasang flashdisk kamu ke laptop atau komputer.
  2. Lalu tekan bersamaan tombol Windows + X.
  3. Setelah itu akan muncul bebepa opsi, pilih Disk Management.
  4. Maka akan muncul penyimpanan hardisk dan flashdisk kamu. 
  5. Klik kanan pada penyimpanan Flashdisk kamu lalu pilih format.
  6. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah itu silahkan eject dan cabut flashdisk kamu lalu pasang lagi ke laptop atau komputer yang kamu gunakan.


Itulah beberapa poin yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca di laptop atau komputer, jika ada kesempatan akan saya update lagi artikel ini. Semoga bermanfaat wassalamu'alaikum.


Tags: ##Cara memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca DatanyaFlashdisk tidak terdeteksi di laptop,Flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca,Cara MEMPERBAIKI flashdisk yang rusak