13+ Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot


13+ Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot


Assalamu'alaikum Wr. Wb - Laptop kini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh pegawai kantoran hingga anak sekolah. 


Peran laptop dalam membantu pekerjaan bisa dibilang sangat besar karena bagi sebagian orang telah menggantungkan hidupnya untuk bekerja secara online melalui laptop seperti Lina.


Laptop lemot tentu sangat menghambat pekerjaan yang sedang dilakukan apalagi jika pekerjaan tersebut sudah mepet dengan deadline dan harus segera disetorkan.


Nah daripada berlama - lama dengan laptop lemot ini mending kita baca panduan dari Lina tentang cara mengatasi laptop yang lemot siapa tau dapat membantu mempercepat laptop kamu kembali seperti sebelumnya. 


Penyebab laptop menjadi lemot


Sebelum membahas cara memperbaiki laptop lemot, ada baiknya kamu mengetahui kenapa laptop bisa menjadi lemot. Berikut penyebabnya :

  1. Terlalu banyak menginstall aplikasi.
  2. RAM terlalu kecil.
  3. Hard Disk sudah tua.
  4. Menjalankan banyak aplikasi sekaligus.
  5. Processor terlalu panas.
  6. Hard Disk penuh.
  7. Terkena Virus.
  8. File sampah tidak dibersihkan.


5 Cara Mengatasi Laptop yang Lemot



1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Dipakai


Aplikasi yang jarang digunakan sebaiknya segera di uninstall dengan begitu penyimpanan serta ram laptop kamu akan lebih banyak. Semakin banyak ram dan penyimpanan laptop kamu maka semakin cepat pula kinerja laptop tersebut.


2. Menggunakan Aplikasi Booster


Setelah laptop kamu memiliki cukup banyak ruang penyimpanan sekarang kamu bisa menginstall aplikasi booster seperti pembersih file junk atau cache secara otomatis. Hal ini berguna agar laptop kamu selalu bersih dari file sampah yang akan menumpuk setiap harinya tanpa disadari.


3. Menggunakan Pendingin Laptop


Pendingin laptop sangat berguna untuk kamu yang sering berlama - lama menggunakan laptop. Mesin yang terlalu panas dapat membuat kinerja laptop menurun sehingga sering terjadi apabila laptop panas maka laptop mulai menjadi lemot.


4. Install ulang windows


Melakukan instalasi ulang windows terbukti ampuh untuk mengatasi laptop lemot karena menginstall ulang akan mengembalikan setelan laptop kamu menjadi seperti awal lagi. 


Semua settingan serta aplikasi yang kamu miliki akan hilang dan sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu apabila kamu melakukan instalasi ulang windows.


5. Menambah RAM


Ram berfungsi untuk menyimpan aplikasi yang sedang dibuka dalam sebuah memori yang bersifat sementara. Semakin besar kapasitas ram yang ada pada laptop maka semakin cepat dan lancar juga laptop tersebut memproses setiap aplikasi.


Bahkan laptop yang mempunyai banyak ram serta processor yang baik dapat membuka banyak aplikasi sekaligus.


6. Mengganti HDD Menjadi SSD


Harga penyimpanan HDD laptop terbilang sangat murah bila dibandingkan dengan SSD, namun dalam segi kecepatan HDD hanya dapat memberikan kecepatan membaca dan menulis data sebesar 60 MB/s sedangkan SSD mampu memberikan kecepatan membaca dan menulis data hingga 550 MB/s.


Kecepatan tersebut sangat mempengaruhi laptop kamu ketika membuka sebuah file atau aplikasi, semakin tinggi kecepatan baca hardisk kamu maka semakin cepat dan lancar pula laptop kamu.


Tags: ##Cara Mengatasi laptop ngehang,Cara Mengatasi laptop ngelag,Cara Mengatasi laptop lemot karena hardisk,Laptop ngelag saat terhubung internet,Cara Mengatasi Laptop lemot Windows 7